Benarkah Situs Liyangan Lebih Besar dari Borobudur ?

Benarkah situs Liyangan lebih besar dari Borobudur? Mungkin sekarang ini sudah gak terlalu heboh lagi soal penemuan situs Liyangan. Tapi pasti bagi para pecinta traveling khususnya  pecinta peninggalan sejarah masih menjadi hal menarik untuk dibahas🙂.

ilustrasi liyangan lebih besar dari borobudur

berikut ilustrasi perbandingan ukuran candi liyangan dan candi borobudur

Saya sendiri awalnya kaget mendengar berita situs Liyangan lebih besar dari Candi Borobudur. Karena seperti kita ketahui bersama Candi Borobudur sendiri terkenal dengan ukurannya yang besar. Bahkan sampai masuk keajaiban dunia, sebagai Candi Budha terbesar.

Dari rasa penasaran itu saya mengunjungi situs Liyangan, untuk memastikan apa benar situs Liyangan lebih besar dari Borobudur. Saya beberapa kali mendatangi lokasi itu dan sampai akhirnya dapet kesempatan buat interview singkat sama bapak penjaga disana. Saya dapat banyak sekali pengetahuan bau dari bapak ini, yang salah satunya dapat temen-temen baca pada artikel berikut ini.

Kisah seputar situs Liyangan

Salah satu sudut berupa tembok yang memisahkan area satu dengan lainnya

salah satu sudut situs liyangan yang memisahkan satu area dengan area lainnya

Dari penjelasan pak penjaga situs Liyangan tidak lebih besar dari candi Borobudur dalam hal ukuran Candi. Ya, candi disitus Liyangan berukuran tidak terlalu besar, dengan model khas Hindu yang berjejer. Tapi kalau yang ditanyakan adalah keseluruhan situs Liyangan dibandingkan dengan Candi Borobudur, diperkirakan Liyangan lebih luas.

Saat ini situs Liyangan diperkirakan memiliki luas sekitar 2.600 m2. Dan menurut para ahli arkeologi, luasan ini masih dapat bertambah seiring ditemukannya bagian yang tertimbun materi vulkanik. Seperti yang saya ceritakan di artikel saya sebelumnya (Tentang Situs Liyangan), bahwa diperkirakan timbunan material vulkanik ini berkisar antara 10-20 meter.

Dan menurut para arkeolog, dilihat dari pemodelan bentuk situs Liyangan area yang tertimbun masih banyak sampai ke bagian atas area persawahan. Menarik, patut ditunggu tahap ekskavasi agar situs Liyangan berhasil ditemukan secara “utuh”😀.

Udah jelas kan sekarang kalau Candi Borobudur itu lebih besar daripada candi yang ada di situs Liyangan. Tapi kalau yang dibicarakan area peninggalan sejarahnya situs Liyangan lebih besar dari Candi Borobudur karena merupakan sebuah komplek pemukiman kuno, seperti yang sudah saya ceritakan di artikel berikut ini.

Bagaimana temen-temen yang belum tahu jadi menambah ilmu dan pengetahuan kan? buat yang lebih tahu kalau saya ada salah penyampaian materi tolong koreksi ya😁.

Demikian Artikel tentang Liyangan lebih besar dari Borobudur

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: