Jalan Batu Kuno Situs Liyangan Kabupaten Temanggung

Jalan batu kuno situs Liyangan yang ditemukan pada tahun 2013 ini sangat unik. Karena merupakan jalan asli dari komplek pemukinan Mataram kuno ini. Luar biasa bukan? setelah tertimbun ratusan tahun dengan ketebalan puluhan meter tapi masih utuh😮.

jalan kuno situs liyangan

Jalan kuno yang ada di situs liyangan terintegrasi dengan struktur tembok candi

Jalan batu ini disusun menggunakan tahu batu bulat. Jalan batu kuno ini hebatnya masih terintegrasi dengan struktur pagar candi dan talud batu persegi. Jalan kuno ini berukuran antara 3.5-4 meter,lebar kan? buat jalan Kereta kuda kali ya?😁

mungkin ini yang disebut dengan talut persegi

mungkin ini yang disebut talut persegi situs liyangan yang terhubung dengan jalan batu kuno situs Liyangan

gambar diatas memperlihatkan batuan berbentuk persegi yang jalan dibawahnya merupakan jalan batu kuno. sedangkan gambar dibawah inimerupakan foto integrasi jalan batu kuno ini dengan dinding candi situs Liyangan.

Jalan batu kuno yang tertaut dengan pagar candi

tembok dan jalan batu kuno situs liyangan yang tersambung

Indonesia itu memang hebat ya punya banyak peninggalan sejarah, dan orangnya juga luar biasa bisa membangun bangunan sekokooh ini. Harapan penulis semoga situs Liyangan segera “muncul” seutuhnya😀.

Jangan lupa baca artikel saya tentang penemuan barang kuno disitus Liyangan berikut ini :

Penemuan benda kuno di situs Liyangan.

Demikian artikel jalan batu kuno situs Liyangan Kabupaten Temanggung

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: