Kehidupan Warga Situs Liyangan Kabupaten Temanggung

Kehidupan warga situs Liyangan bisa dibilang bersahaja khas warga pegunungan. Hidup dengan mata pencaharian utama sebagai petani. Kalau temen-temen berkunjung ke Liyangan disepanjang jalan terhampar luas pertanian warga. Kebanyakan ditanamin dengan sayur mayur ataupun kentang, tentu kalau musimnya tiba tanaman yang terkenal di Temanggung juga ditanam. Tahu kan tanaman apa yang saya maksud? Tembakau.

kisah unik disitus Liyangan dibuktikan dengan tanah sekitar yang subur

Tembakau tumbuh subur di Temanggung

Penduduk disekitar sini memang ramah, pengalaman saya pertama kali datang ke Liyangan masih berkesan. Belum tahu jalan menuju lokasi sering bertanya sama warga sekitar selalu dijawab dengan ramah dan senyuman🙂. Waktu itu belum ada tempat parkir disitus Liyangan, motor yang Ghofar dan saya naiki bisa dibawa sampai ke area utama situs Liyangan.

Ghofar motornyabisa dibawa sampai dekat area Liyangan pada tahun 2014

Ghofar motornya bisa dibawa sampai dekat area Liyangan pada tahun 2014

Pada kunjungan kedua sudah ada lahan parkir, yang dikelola oleh warga sekitar. Saat itu baru rame penemuan tentang arang kayu yang besar. Di kunjungan ketiga dan ke empat saya, perkembangannya sudah lebih baik lagi. Baik dari segi infrastruktur maupun kuliner.

Kuliner? ya bukan makanan khas atau tradisional sihm tapi warga sekitar sudah mulai membuka warung disekitar area situs Liyangan. Kehidupan warha sekitar Liyangan menurut saya makin berubah seiring berjalannya waktu.

Berubah ke arah yang lebih baik tentunya. Karena menurut saya dengan warga sekitar yang mulai mengelola lahan parkir, membuka warung menunjukkan bahwa wisata Liyangan membantu perekonomian warga sekitar.

Terlepas dari ramah tamah dan kehidupan perekonomian warga. Temen-temen yang berkunjung kesini nanti akan melihat keceriaan anak-anak yang bermain disekitar komplek. Kalau tidak mereka juga sering bermain di kolam cinta, mata air alam. Sudah tahu kan kalau di situs Liyangan terdapat kolam renang juga? Kalau belum silahkan temen-temen baca artikel ini :

Kolam unik di situs Liyangan

Update, disitus Liyangan ada persewaan ATV juga loh. Saya belum nyoba sih cuman saya lihat kalau ada papan tulisan kecil “Sewa ATV”.

tulisannya sih ATV tapi

tulisannya sih ATV tapi kok motor ya dibawahnya haha

Saya cukup sombong bangga pada diri sendiri “sedikit” 😁😂, karena saya berhasil mengajak beberapa teman saya kesini. Ghofar, Iskandar dan si Pepo, saya bangga bisa membantu mempromosikan wisata bersejarah di Indonesia, khususnya Temanggung. Tapi perlu saya sampaikan kita boleh menikmati alam dan peninggalan sejarah di Indonesia ini, tapi kita juga WAJIB merawatnya, jangan vandalisme, buang sampah sembarangan atau bahkan merusak, Okeee..?✌👍

iskandara berinteraksi dengan warga sekitar situs liyangan

interaksi dengan warga sekitar situs liyangan

Demikian kehidupan warga situs Liyangan Temanggung

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: