Kisah Menarik Tentang Situs Liyangan Temanggung

Kisah menarik tentang situs liyangan ini saya ceritakan ulang dari hasil obrolan dengan pak penjaga. Dari keterangan beliau nanti saya coba sampaikan dalam beberapa poin. Seperti argumen saya di artikel sebelumnya (klik), disini hanya memperkuat dengan keterangan Narasumber.

tampak pembatas antara area peribadatan dan bukan

batas antar kompleks peribadatan dengan non peribadatan

Kisah tentang situs Liyangan ini yang akan saya sampaikan adalah tentang. Kemungkinan bahwa situs Liyangan merupakan bekas ibu kota Mataram kuno dan kemungkinan luas area situs Liyangan.

Pertama, kisah menarik tentang Liyangan yang merupakan bekas ibukota kerajaan Mataram kuno. Berikut pendapat pak penjaga bahwa, disana selain terdapat bekas pemukiman juga ada bekas peribadatan. Tidakjauh dari sana banyak ditemukan reruntuhan candi, dan ada candi yang utuh juga yaitu candi Pringapus. Selain itu diatas lokasi ini terdapat mata air yang dianggap suci dan setiap hari besar Agama Budha sering diambil air lalu di arak ke Borobudur, yaitu mata air Jumprit.

Bukti kisah menarik situs Liyangan terdapat sumber mata air dijadikan kolam alami

Mata air dekat liyangan dimanfaatkan membuat kolam alam

kisah unik disitus Liyangan dibuktikan dengan tanah sekitar yang subur

bukti tanah subur di daerah liyangan

Dilihat dari banyaknya peninggalan sejarah diarea tersebut menandakan itu bukan pemukiman biasa. Apalagi ditemukan keramik cina yang saya bahas di artikel berikut ini (klik). Meskipun tidak ada bukti otentik bahwa daerah Liyangan ini adalah pusat pemerintahan. Tapi dilihat dari titik yang terhubung dari perkembangan kerajaan di tanah jawa itu bukan hal yang tidak mungkin. Harapannya adalah situs Liyangan ini segera selesai proses ekskavasinya hingga dapat dilakukan penelitian lebih mendalam.

Kisah menarik tentang Liyangan yang kedua adalah luas area situs ini. Keterangan langsung yang saya dapat bahwa garis paling ujung atau terluar dari situs ini berada di gapura masuk dusun. Yang dibuktikan dengan ditemukannya reruntuhan bebatuan kuno yang bila ditarik garis lurus sejajar dengan bangunan yang ada di situs Liyangan saat ini.

Bahkan menurut penuturan beliau, belum tentu lokasi situs Liyangan yang ada saat ini merupakan titik pusat dari komplek tersebut. Bisa saja masih berada diatas sana diarea persawahan. Katanya dari jaman dulu sudah sering ditemukan arca didaerah tersebut. Tapi saat itu warga kurang edukasi banyak yang dijual😥 atau bahkan dijadikan bahan pembangun rumah😂😁.

Kisah menarik situs liyangan itu lahan dibelakang juga akan di gali

kisah menarik seputar luas liyangan yang akan terus dikembangkan

Dua kisah tentang situs Liyangan tadi memang bukan langsung dari para arkeolog. Tapi saya yakin bapak penjaga memberikan informasi ini gak mungkin mengada-ada. Pasti berdasarkan sumber sesuai yang dia tahu dan pelajari. Jangan lupa membaca artikel penemuan baru di situs liyangan berikut ya :

Ditemukan jalan kuno di Liyangan

Demikian kisah menarik tentang situs Liyangan

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

1 Respon

  1. Pink Traveler berkata:

    baru denger ada situs liyangan, kayaknya yg posting ttg situs ini belum banyak semoga banyak tulisan tentang candi ya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: