Penemuan Benda Kuno di Situs Liyangan Temanggung

Penemuan benda kuno di situs Liyangan biasanya terjadi ketika dilakukan penggalian. Tembikar, Keramik cina bahkan tulang belulang yang sudah tidak utuh pun ditemukan😱. Penemuan benda kuno seperti ini sangat menguntungkan dalam proses ekskavasi Liyangan.

Karena makin banyak benda kuno yang memiliki nilai sejarah, penelitian lebih lanjut dapat terus dikembangkan. Sebagai contoh setelah ditemukannya keramik dari cina dan arang kayu. Para arkeolog jadi bisa menentukan kisaran umur peradaban Liyangan ini.

penemuan benda kuno di area situs liyangan

penemuan benda kuno di area situs liyangan

Selain untuk menemukan periode umur, penemuan artefak juga bisa menjadi bahan penelitian untuk menentukan detail zonasi situs Liyangan. Karena zonasi yang dilakukan sampai saat ini masih belum final dan diyakini area situs ini masih banyak yang belum tergali.

Berikut saya akan lampirkan rilis resmi data artefaktual yang ditemukan disitus Liyangan:

  1. Usuk/Reng yang terbuat dari kayu pasak
  2. Dinding yang terbuat dari kayu puspa
  3. Bagian lain yang belum teridentifikasi berasal dari kayu jamuju, cemara pandak
  4. Artefak tembikar, berupa cawan air, tempat penyimpanan dan lampu tembikar
  5. Batu asah dan Batu lumpang
  6. Parang besi, Kapak besi, genta perunggu dan kampak besi
Benda kuno yang ditemukan berupa artefak

Benda kuno yang ditemukan di liyangan berupa artefak

Untuk kayu yang ditemukan disini terbagi dalam dua jenis asal bangunan. Yaitu, bangunan rumah dan bangunan peribadatan. Selain 6 barang tadi, sebenarnya ditemukan juga tulang belulang yang sudah tidak utuh. Tapi berdasarkan keterangan yang saya dapat tulang itu bukan tulang manusia, hanya kerangka hewan saja. Kemungkinan itu sisa belulang hewan yang dimakan atau dijadikan seserahan.

Untuk temuan berupa artefak tidak disimpan diarea Liyangan. Katanya seluruh temuan artefak disimpan di balai Arkeologi Yogyakarta. Untuk menghindari pencurian atau kerusakan karena faktor alam. Kemarin waktu saya ke sana juga ada temuan baru yang masih ditutup terpal dan diberi garis pembatas. Malah ada semacam rumah kecil khusus dibuat untuk mengamankan temuan disana, entah berupa temuan apa itu.

Temuan baru di situs Liyangan "dirumahin" biar aman dan teduh

temuan baru situs liyangan langsung ditutup agar aman dari cuaca dan pencurian

Tampak komplek candi dibelakang sana ada dataran lebih tinggi, sedalam itulah galian untuk menemukan situs Liyangan ini

Garis pembatas

Sudahkah membaca artikel berikut? Pemukiman Mataram kuno di Temanggung

Demikian penemuan benda kuno di situs Liyangan

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: