Perjalanan Menuju Situs Liyangan Wisata Kabupaten Temanggung

Perjalanan menuju situs Liyangan mudah ditempuh karena jalannya sudah bagus dan lebar. Terakhir kali saya berkunjung ke Liyangan, saat libur lebaran lalu. Sedang dilakukan pengerjaan jalan menuju komplek situs menggunakan batu alam. Pengerjaan jalan dimulai dari depan gapura sampai tempat parkir motor dan mobil.

Setelah melakukan perjalanan menuju situ liyangan anda akan melihat papan ini.

Setelah melakukan perjalanan menuju situs liyangan akan dihadapkan dengan pemandangan berikut dibagian depan.

Terakhir kali saya kesana pengerjaan masih separuh jalan. Nah mungkin saya sedang apes 😒 waktu itu karena jalan utama ditutup saya diarahkan leawat kuburan. Bukan takuta atau gimana ya, ternyata jalan lewat kuburan itu jalan pematang sawah. Ya pasti taulah lebarnya seberapa… Dan parahnya lagi gang masuk dusun juga gak kalah sempit saya sampai turun dari motor buat dorong pelan-pelan😫.

Yah sudahlah yang penting bisa sampai lokasi dan pulang lagi dengan selamat 👍. Terlepas dari pengalaman kurang meyenangkan tadi, tidak mengurangi pemandangan idnah sepanjang perjalanan menuju kemari. Saya akan mencoba membuat panduan menuju situs Liyangan, berikut petunjuk arah versi saya:

Perjalanan menuju situs liyangan diakhiri dengan melalui jalan ini, jalan dari aprkiran menuju area situs

Jalan dari parkiran menuju area situs liyangan mengakhiri perjalanan anda menuju situs liyangan

Menggunakan Kendaraan Pribadi🚗🏍

  1. Bagi yang berasal dari arah Semarang atau Yogyakarta patokannya adalah pertigaan Secang. Dari pertigaan menuju Temanggung, kalau dari arah Jogja ambil kiri nanti belok kiri, sedangkan arah Semarang belok kanan. Dari situ nanti lurus aja terus melewati kecamatan Kranggan, lalu sampai di terminal Baru Kowangan. Ada perempatan dengan traffic light🚦 disana tetap lurus terus sampai melewati pasar Temanggung. Setelah lewat pasar, ada jalan bercabang lurus atau belok kiri bebas mau ambil mana saya sarankan lurus. Biar sekalian ngelewatin Alun-alun dan Masjid Agung Temanggung. Nah ini kan Lurus ya nanti sampau alun-alun ikutin aja puterannya (separuh) setelah lewatin masjid langsung belok kiri. Dari situ lurus aja lewatin kecamatan Bulu, sampai kecamatan Parakan (titik temu dari arah kedu). Dari arah Bulu tadi ada pertigaan pas depannya rumah makan belok kiri kearah RSK. Setelah lewatin Rumah Sakit ada tugu Galeh disana ambil kiri. Setelah itu nanti ada petunjuk jalan arah ke Ngadirejo dan Weleri nanti belok kanan. Setelah belok kanan lurus aja terus sampai ketemu pasar Ngadirejo. Dari pasar Ngadirejo (disini sabar ya sering macet😁) lurus dikit nanti ada pertigaan terus belok kiri ya. Setelah belok kiri jalan luruuuuuus terus sampai nanti ada gapura Dsn. Liyangan. Nah kalau udah sampai sini jalannya enak, halus, sepi dan kalau lagi cerah sepanjang perjalanan akan tampak Gunung Sindoro. Dan dari kejauhan keliatan gunung Prau (ini juga jalan tembus ke gunung Prau loh😀). Setelah sampai gapura masuk aja ke desa situ, jalan pelan-pelan ikuti petunjuk jalan yang dibuat. Nanti sampai ke tempat  parkir (sepertinya dikelola warga sekitar).
  2. Yang dari arah Kendal, kalian pasti tau dong dari arah weleri tinggal jalan santai aja (karena jalannya serem 😂)sampai Sukorejo. Dari sukorejo nanti temen-temen ikutin aja jalan utama menuju Temanggung. Perjalanan menuju situs Liyangan di Temanggung dari arah Kendal relatif lebih mudah karena jalannya tidak terlalu bercabang. Nah dari Sukorejo tadi kalau sudah sampai daerah Ngadirejo nanti ada pertigaan (Ingat ikutin terus jalan raya utama ya) belok kanan nanti jalan dikit udah ada tugu kan. Itu kalau ke kiri arah Temanggung, temen-temen lurus aja buat lanjutin perjalanan menuju situs Liyangan. Kalau udah lurus bisa ikutin petunjuk nomer 1 untuk menuju lokasi😀.
  3. Buat temen-temen yang dari arah Wonosobo maaf saya sendiri kurang paham daerah sana😅✌, tapi intinya coba temen-temen jalan aja ke arah Parakan sampai pasar Parakan belok kiri trus nanti ada pertigaan (ada lampu traffic light nya🚦 tapi mati😒) sampai situ ambil kiri. Nah kalau udah sampai jalan sini bisa ikutin langkah pertama untuk melanjutkan perjalanan menuju situs liyangan.

Baca juga : Pebandingan luas Liyangan dengan Borobudur

Menggunakan Kendaraan Umum🚌

  1. Perjalanan menuju situs Liyangan kalau menggunakan kendaraan umum setahu saya hanya bisa ditempuh dengan bus, angkot dan ojek. Dari arah Semarang dan Jogja Naik bus ke Secang, turun di terminal dan naik bus ukuran tanggung pintu dua dengan tujuan Sukorejo. Ingat ya yang tujuan Sukorejo biar tidak di oper nantinya kalau salah naik yang ke arah Wonosobo. Naik bus ini ngeri-ngeri sedap 😂😀sopirnya ngebut kejar setoran kali ya hehe…Nanti bilang turun tugu setelah pasar Ngadirejo. Dari situ cara paling aman sih naik ojek aja pasti mas mas ojeknya tau kok jalan menuju Liyangan. Sebenernya beberapa kali saya liat angkot dan kendaraan bak terbuka tapi sepertinya susah kalau mau naik itu.
  2. Dari arah Kendal, naik bus ke Weleri. Lanjut dengan Weleri Sukorejo disambung dengan bus jurusan Sukorejo Temanggung. Perjalanan menuju situs Liyangan  selanjutnya sama seperti cara nomor 1, bilang saja sama kondektur bus mau turun ngadirejo mau ke Liyangan, udah hafal kok😀.
  3. Dari Wonosobo perjalanan menuju situs Liyangan bisa naik bus apa saja menuju Temanggung, turun di pasar Parakan. Dari sini naik bus jurusan Sukorejo pintu dua atau bisa pintu satu (jalannya lebih lambat😁). jangan lupa turun di tugu Ngadirejo dan ikuti langkah pertama.

Ya itulah panduan menuju situs Liyangan yang berada di Kota Temanggung. Maaf kalau kebanyakan tulisan, saya cuman pingin jelasin detilnya aja sih hehe.. lain kali saya coba perah otak ini biar bisa bikin panduan arah lebih simpel.

Demikian perjalanan menuju situs Liyangan.

Kalau ada pertanyaan atau masukan buat blog ini bisa dituliskan dikomentar ya😉, atau mau sekedar say Hi? Silahkan.. Jangan lupa dibagikan biar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya😀.

Alfian Chandra

Sedikit bercerita tentang perjalanan travelling yang pernah saya lalui. Saya suka Traveling ke alam tapi juga suka explore kota di Indonesia (Mungkin suatu saat nanti Luar Negri Amiin) ?😁 Dan jangan lupa santap kuliner di mana tempat kamu kunjungi wajib hukumnya 😁Kunjungi saya di instagram : @alfianchandray fb : Alfian Chandra Yudiananta

1 Respon

  1. 3 September 2016

    […] Harapannya semoga situs liyangan segera diekskavasi dan ketemu secara utuh. Karena selain bisa jadi objek penelitian sejarah , situs Liyangan juga bisa menjadi ikon wisata. Kalau dikelola dengan benar Liyangan ini bukan hanya wisata lokal saja bisa jadi destinasi Nasional saya yakin. Terakhir kali saya mengunjungi tempat ini sedang dilakukan perbaikan jalan. Ya dari perbaikan infrastruktur kelihatannya pemerintah serius  sih. Bagi yang belum pernah ke Liyangan dan belum tahu jalan menuju lokasi bisa baca artikel saya berikut ini 🙂. […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: